Selasa, 17 November 2009

Membuat Slogan dan Poster
Slogan
- Slogan merupakan perkataan / kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Slogan dapat digunakan dalam dunia periklanan dan dunia kampanye. Setiap slogan harus mengikuti jaman. Slogan juga dibuat untuk memacu semangat suatu kelompok atau menjadi cita-cita suatu lembaga / organisasi. Banyak daerah yang membuat slogan diakronimkan.
- Cara membuat slogan: Pahami fungsi slogan, pahami siapa khayalak yang menjadi tujuan utama slogan.
-Agar slogan selalu diingat orang: Slogannya harus brupa hal baru, unik, atau berupa gagasan besar. Gunakan permainan bunyi dalam kata, penggabungan kata, dan musikalitas pengucapan slogan seperti sebuah ungkapan yang dinyanyikan. Ungkapan slogan dalam bentuk satu kata / gabungan kata / kalimat pendek.
Poster
-Poster merupakan iklan / pengumuman yang diproduksi secara masal, biasanya dicetak / ditulis di atas kertas berukuran besar dan dipasang di tempat umum. Biasanya poster berisi gambar warna-warni, / ilustrasi dan juga teks pendek atau merek tertentu.
-pada umumnya poster memiliki tujuan komersial untuk mengiklankan produk atau mengumumkan suatu pentas hiburan. Terkadang poster juga berfungsi sebagai pengumuman untuk mendidik masyarakat, alat propaganda, atau murni suatu hasil karya seni tanpa maksud-maksud tersembunyi.
-Cara membuat poster: Tentukan konsep pokok yang akan dipublikasikan. Pahami kembali inti sari / pernyataan pokok. Tentukan ukuran poster. Tentukan unsur-unsur apa yang akan dibutuhkan dalam membuat poster. Lalu, buat sketsa poster, tulislah dengan huruf yang dapat dilihat dalam jarak 7-10 meter, kemudian diwarnai.

*Poster dan slogan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Biasanya kata-kata dalam poster berupa slogan, dan slogan biasanya dipublikasikan melalui poster.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar